Wartapost.com

‘Setan Jawa’ Garapan Garin Nugroho, Tak Sekedar Horor Biasa

  • Reporter:
  • Senin, 22 Agustus 2016 | 11:34
  • / 18 Djulqa'dah 1437
  • Dibaca : 524 kali
‘Setan Jawa’ Garapan Garin Nugroho, Tak Sekedar Horor Biasa
Salah satu adengan 'Setan Jawa' karya Garin Nugroho

Wartapost.com – Sutradara kenamaan tanah air, Garin Nugroho berencana memutar film terbarunya ‘Setan Jawa’ di enam negara yang berbeda.

‘Setan Jawa’ adalah karya terbari Garin yang bergenre horor. Namun ia mengatakan bahwa horor dalam ‘Setan Jawa’ tidak seperti horor biasanya.

Dalam film ini, Garin berusaha untuk mengeksplorasi isu mistis dan realisme magis dari segi tari, musik, acting dan sastranya. Ia menganggap film horor yang semacam ini masih langka ditemukan apalagi karya sutradara dalam negeri. Garin memang sengaja tidak membuat ‘Setan Jawa’ menjadi tontonan yang menakutkan tetapi lebih menekankan dalam hal seni-nya.

“Di dalam film ini saya enggak mengambil misti dan magic-nya. Tapi saya mengambil seninya saja,” ujar Garin pada Jumpa Pers yang digelar di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta, Senin (22/8).

Film ini mengangkat fenomena budaya Jawa tentang pesugihan yang sampai saat ini masih ada. Ia mengambil praktek pesugihan Kandang Bubrah sebagai plot utama film ini.

Peran utama film ini dimainkan oleh Abigail Asmara. Ia menjadi seorang istri yang melakukan perjanjian pesugihan agar setan tidak mengambil nyawa suaminya.

‘Setan Jawa’ diformat dalam bentuk film bisu hitam putih. Garin mengatakan ia terinspirasi dari sebuah film horor ekspresionis karya Friedrich Wilhem Murnau tahun 1922 yang berjudul ‘Nosferatu’.

Menurut rencana, beberapa negara yang akan dituju adalah Australia dan Belanda. Australia dipilih karena selain film ini digarap dengan kerjasama lembaga seni asal Australia, Art Centre Melbourne, film ini akan tampil perdana dalam acara Asia Pacific Triennial of Performing Arts pada 2017 mendatang.

"Like" dan dapatkan berita terbaru dari kami


 

Namun, sebelum dibawa berkeliling ke berbagai negara, Garin mengatakan kalau film terbarunya akan ditayangkan lebih dulu di Indonesia pada 3-4 September 2016 tepatnya di Gedung Teater Jakarta. 

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional