Wartapost.com

Gunung Gamalama Meletus, Warga Dihimbau Untuk Tetap Waspada

  • Reporter:
  • Rabu, 3 Agustus 2016 | 03:15
  • / 28 Syawal 1437
  • Dibaca : 94 kali
Gunung Gamalama Meletus, Warga Dihimbau Untuk Tetap Waspada
Gunung Gamalama Meletus, Warga Dihimbau Untuk Tetap Waspada

Pagi ini, Rabu, (3/8/2016) Gunung Gamalama yang merupakan salah satu gunung di Kota Ternate, Maluku Utara kembali mengeluarkan abu vulkanik erupsi.

Menurut laporan dari pos pengamatan gunung api gamalama, gunung itu meletus eksplosif lemah berupa abu vulkanik dengan ketinggian 500-600 meter.

 

Menurut kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, letusan yang terjadi itu diakibatkan oleh gempa berkekuatan 4,6 SR.

 

“Dimana terekam gempat tektonik berkekuatan 4,6 SR. Menurut BMKG, pusat gempat berada di 86 KM barat daya Halmahera Barat, dengan kedalaman 18 KM. Lalu di ikuti pula dengan tremor menerus dengan amplituda maksimum 1,5mm,” ujar Sutopo Purwo Nugroho seperti yang kami kutip dari laman Detik.com, Rabu (3/8/2016).

 

“Guncangan gempat itu mengakibatkan tekanan di dalam dapur magma Gunung Gamalama sehingga tepat pada pukul 06.28 WIT terjadilah erupsi tipe eksplosif lemah berbentuk hembusan abu putih kelabu,” tambahnya.

 

Tak hanya itu, suara gemuruh pun terdengar hingga tiga kali pada pukul 07.09 WIT, 07.12 WIT dan 07.13 WIT.

 

Berdasarkan hasil pengecekan dilapangan oleh petugas PVMBG dan BPBD memperlihatkan material abu ditemukan tipis terutama di wilayah Ake Huda, sebelah selatan dan tenggara lereng Gunung Gamalama.

"Like" dan dapatkan berita terbaru dari kami


 

Sutopo juga menegaskan, saat ini masyarakat tak perlu mengungsi. Ia juga menghimbau kepada para masyarakat untuk tidak panik serta tidak mempercayai isu-isu yang beredar.

 

Hingga berita ini dibuat, tingkat aktivitas Gunung Gamalama masih waspada, para warga diharapkan untuk tidak melakukan aktifitas di radius 1,5 km.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional