Wartapost.com

‘Athirah’ Besarnya Kekuatan Cinta Ibu di Dalam Rumah

  • Reporter:
  • Selasa, 23 Agustus 2016 | 19:10
  • / 19 Djulqa'dah 1437
  • Dibaca : 226 kali
‘Athirah’ Besarnya Kekuatan Cinta Ibu di Dalam Rumah
Riri Reza (Sutradara), Cut Mini, Jajang C Noer

Wartapost.com – Sebuah drama keluarga ‘Athirah’ sedang dipersiapkan oleh Miles Film untuk meramaikan perfilman nasional.

‘Athirah’ adalah seorang perempuan asal Sulawesi Selatan yang mungkin tidak banyak diketahui oleh sebagian orang. Namun, bagi kalangan masyarakat bugis, kisah ‘Athirah’ sangat lah terkenal. Ia adalah istri dari Haji Kalla dan merupakan ibu kandung dari Wakil Presiden Republik Indonesia saat ini, Jusuf Kalla.

Riri Reza, sutradara yang menggarap film ini mengatakan bahwa ia tidak akan bercerita mengenai politik atau bagaimana kisah bisnis di keluarga Kalla. Ia justru ingin memunculkan sosok ‘Athirah’ sebagai seorang ibu yang menjadi sumber kekuatan dan cinta di keluarga besar Kalla.

Lewat film ini, Riri Reza ingin menggambarkan bahwa Rumah adalah pusat dari pendidikan dan kemanusian. Tidak seperti film-film sebelumnya, ia bersama Mira Lesmana kali ini tidak menampilkan latar yang luas. Mereka hanya fokus di ruang tengah, ruang makan, dapur dan kamar tidur. Hal itu ia sampaikan pada jumpa pers di Kawasan Senopati, Jakarta Selatan, Senin (22/8/2016).

Mira Lesmana menambhkan bahwa di ruangan dalam rumah itulah, sosok Athirah bukanlah sekedar perempuan atau istri, melainkan kehadirannya menjadi sangat sentral karena menjadi ibu yang memiliki peran besar dalam menjaga keutuhan keluarganya. Bahkan peran Athirah sebagai ibu di dalam rumah lebih besar daripada sosok Ayah.

Satu hal yang menjadi elemen penting dalam diri ‘Athirah’ adalah poligami yang dilakukan suaminya. Namun, dalam hal ini Riri tidak mengangkat isu itu dan ia menolak jika film-nya dikaitkan dengan pernyataan anti poligami.

Riri menjelaskan, “Film ini mengambil latar belakang tahun 50-an. Mencoba memotret bagaimana kondisi Indonesia saat itu, perempuan tidak memiliki hak untuk menolak. Poligami terjadi begitu saja, tidak ada system atau media untuk meneriakkan ketidak setujuan itu seperti di zaman sekarang.”

Proses penggarapan film ini memakan waktu selama 32 hari syuting di Makassar, Pareper dan Sengkang. Film ini diangkat dari sebuah novel berjudul ‘Athirah’ karya Alberthiene Endah tahun 2003. Sebagai sosok utama pemeran Athirah dimainkan oleh Cut Mini. Film ini juga didukung oleh beberapa actor lain seperti Tika Bravani, Jajang C. Noer, Christoffer Nelwan, Indah Permata Sari, Nino Prabowo dan Arman Dewarti.

Rencananya film ini akan ditayangkan perdana di bioskop pada 29 September medatang.

Di akhir perjumpaan per situ, Riri mengtakan,”Buat saya, apa yang menarik dari ‘Athirah’ adalah menceritakan kehebatan seseorang, menceritakan budaya dan cinta, hanya dari ruang keluarga kecil itu. Itulah yang menantang dan berbeda dari film-film saya sebelumnya.”

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional